Stomata adalah: Pengertian, Fungsi, Tipe, Cara Kerja, Faktor

Pengertian stomata
Baca cepat Buka

Stomata adalah celah-celah pada epidermis tumbuhan. Pada tumbuhan darat, stomata biasanya berada di bagian bawah daun, sedangkan pada tumbuhan yang hidup di air, stomata terdapat di bagian atas daun. Stomata menghirup oksigen dan menyerap CO² (karbon dioksida) dan mengatur proses fotosintesis, transpirasi dan pernapasan.
Fungsi pembukaan celah

Di bawah ini adalah beberapa ciri stomata antara lain:

Stomata berperan sebagai bukaan pada tumbuhan untuk pertukaran gas dan penguapan pada tumbuhan. Oleh karena itu, stomata terletak di permukaan daun dan di bawah permukaan daun. Pada daun mengambang, stomata biasanya berada di sisi atas daun, pada tumbuhan darat, namun sebagian besar di bagian bawah daun. Hal ini untuk mengurangi penguapan.
Stomata mengatur pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida di daun dan diperlukan untuk mengatur jalur metabolisme seperti fotosintesis dan respirasi anaerob dalam sel tumbuhan.
Celah-celah baru bisa berfungsi jika ada air di sel penjaga. Saat sel penjaga (dibanjiri air) menekuk dan membuka celah di antara mereka. Celah tersebut kemudian disebut dengan gap opening, yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas dan air. Ketika sel penjaga terkena asam absisat, yang larut dan mengering di dalam sel mereka, celah tertutup karena sel penjaga saling berdekatan.
Fungsi stomata pada tumbuhan dibatasi oleh paparan ozon yang berlebihan. Hal ini terjadi karena stomata lebih sensitif terhadap penyerapan ozon. Sedangkan ozon dapat mengganggu proses pernapasan pada daun tumbuhan. Hal lain yang terganggu adalah kemampuan sel penjaga di celah-celah untuk mengembalikan volume air setelah turgor terjadi.

Baca lebih lanjut: Standpunkt
Jenis stomata pada daun

Jenis stomata pada daun antara lain:

  1. Tipe stomata pada daun dikotil Jenis anomosit (ranunculus) Pada jenis anomosit, sel penjaga dikelilingi oleh sejumlah sel tertentu yang tidak dapat dibedakan dari sel epidermis lain dalam hal bentuk dan ukuran.
    Tipe anisosit (cruciferous) Pada tipe anisosit, sel penjaga dikelilingi oleh sel-sel tetangga yang ukurannya tidak sama; jenis ini umumnya terdapat pada sayuran cruciferous, Nicotiana, Solanum dan Sedum.
    Jenis parasit (rubiaceous) Pada jenis parasit, setiap sel penjaga disertai oleh satu atau lebih sel tetangga yang posisinya sejajar dengan stomata, umumnya jenis ini terdapat pada suku Rubiaceae, Magnoliaceae dan Mimosaceae.
    Tipe diasit (karyophillaceous) Pada tipe diasite, setiap stomata dikelilingi oleh 2 sel tetangga yang posisinya memotong stomata, umumnya tipe ini terdapat pada Caryophillaceae dan Acanthaceae.
    Jenis aktinosit Jenis aktinosit merupakan variasi dari jenis diasit, stomata dikelilingi oleh sel-sel tetangga yang berjari teratur, contoh jenis aktinosit adalah tanaman teh (Camellia sinensis).
  2. Jenis stoma pada daun monokotil Sel penutup terdiri dari 4-6 sel tetangga, umumnya terdapat pada Araceae, Commelinaceae dan Musaceae.
    Sel penjaga terdiri dari 4-6 sel tetangga, 2 di antaranya berbentuk bulat dan lebih kecil dari yang lain dan terletak di ujung sel penjaga, umumnya jenis ini terjadi pada spesies palem, Pandanaceae, Cyclanthaceae.
    Sel penjaga disertai 2 sel tetangga, jenis ini terdapat pada Pontederiaceae, Butomales, Alismatales dan Juncales.
    Sel penjaga tidak memiliki sel tetangga, jenis ini ditemukan pada bunga lili, diocorales, iridales dan orchidales.

Cara kerja stomata
Stomata atau mulut daun adalah lubang kecil pada daun tumbuhan yang dapat ditutup dan dibuka. Ketika stomata terbuka, mereka membiarkan udara masuk dan air keluar. Ketika stomata tertutup, air tidak dapat keluar dari daun. Tumbuhan menyerap air dari tanah melalui akarnya. Air ini bergerak melalui batang ke daun dan sekitar 90% menguap melalui stomata. Pohon besar kehilangan lebih dari 800 liter air dari daunnya setiap hari. Pelepasan air melalui penguapan dari daun disebut transpirasi. Proses lain pada tumbuhan yang melibatkan air termasuk fotosintesis, yang menggunakan air untuk membuat makanan, dan respirasi, yang membawa air. Saat gelap, tumbuhan menghentikan fotosintesis pada malam hari dengan menutup stomata mereka.
Faktor yang mempengaruhi pembukaan dan penutupan stomata

Ada beberapa faktor yang

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co